Berkat BerKaizen, Karyawan Kalla Toyota Bisa Hasilkan Rp 400 juta Per Bulan

0
765

MediaKALLA.co.id – PT Hadji Kalla (Kalla Toyota) menerapkan Kaizen dalam sistem manajemen untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Penerapan Kaizen diharapkan untuk menghilangkan pemborosan-pemborosan yang tidak memberikan nilai tambah produk. Pemborosan itu perlu dieliminir karena menimbulkan biaya-biaya yang menyebabkan berkurangnya profit.

Manajemen Kalla Toyota sendiri sudah menerapkan Kaizen beberapa tahun lalu. Namun, baru benar-benar diterapkan sejak empat tahun silam. “Melalui Kaizen kita berharap para karyawan tidak hanya fokus pada tugas utamanya sebagai karyawan, tetapi juga berkontribusi untuk perbaikan sistem manajemen perusahaan,” kata Chief Executive Officer Kalla Toyota, Hariyadi Kaimuddin.

Business & System Devision Department Head Kalla Toyota, A.D. Zulkarnain Putra mengungkapkan bahwa khusus tahun 2015 program Kaizen dimulai bulan April. “Dimulai dengan melaksanakan Training of Trainer Kaizen Expert Development hingga rewarding 4 Maret 2016,” ujarnya.

Lebih jauh Zulkarnain memaparkan bahwa jumlah karyawan yang terlibat dalam melakukan Individual Project sebanyak 56 orang atau 39.2% dari total karyawan di Head Office (HO) Kalla Toyota. “Sementara jumlah karyawan HO yang terlibat dalam Small Group Project (SGP) sebanyak 129 orang atau 74.8%,” bebernya.

Dari keseluruhan project jumlah pemasukan atau pengiritan biaya yang dihasilkan Rp 416.167.518 per bulan. “Estimasinya dari IP Rp 39.974.457 dan dari SGP Rp 376.193.061 per bulan, sementara untuk biaya hadiah yang dikeluarkan hanya Rp 20 juta saja,” terangnya. [Azhar]

Follow Us
==============
Facebook; Media KALLA
Twitter; @MediaKALLA
Youtube; Media Kalla Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 + 16 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.