Bank Permata Danai Pembangunan PLTM Tombolo Pao

0
691

MediaKALLA.Com – PT. Tombolo Energi yang merupakan anak perusahan PT Bumi Karsa didirikan tahun 2008. Perusahaan ini mengkhususkan usahanya dalam pengembangan energil istrik. Tahun ini, PT Tombolo Energi akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Minihydro (PLTM), di Kecamatan Tombolo Pao, Kab. Gowa. Dimana saat ini, daerah tersebut sangat membutuhkan tambahan energi listrik.

PLTM merupakan pembangkit listrik alternatif yang cocok untuk diterapkan di daerah pedesaan yang memiliki sumber daya air yang cukup besar dan dapat diakses ke jaringan distribusi listrik PLN. PLTM yang akan dibangun oleh PT Tombolo Energi ini akan menghasilkan energi listrik berkapasitas 3.0 MW. Energi listrik yang dihasilkan tersebut,akan dibeli oleh PLN yang selanjutnya disalurkan kepada masyarakat sekitar.

Energi yang dihasilkan nantinya akan memenuhi kebutuhan listrik di wilayah kecamatan Tombolo Pao dan Kecamatan Tinggi Moncong, dengan target penggunasebanyak 3300 rumah tangga (asumsi 900 watt per rumahtangga). Pembangunannya akan dimulai tahun ini, bertepatan dengan HUT ke 60 Kalla Group dan direncanakan selesai pada Desember 2013. Diharapkan pada Januari 2014, hasilnya sudah bias dimanfaatkan oleh masyarakat.

Demi mewujudkan pembangunan PLTM tersebut, PT Tombolo Energi bermitra dengan Bank Permata. Bank Permata pun memberikan pinjaman sebesarRp 44 M untuk mendanai pelaksanaan proyek ini.  Hal ini merupakan bentuk dukungan Bank Permata dalam mengembangkan usaha penghasil energy terbarukan yang sangat ramah lingkungan.

Akad kredit antara PT. Tombolo Energi dan Bank Permata berlangsung di Djuku Resto Wisma Kalla, lantai 13, Kamis, 27 September 2012 dan dihadiri oleh jajaran pimpinan dan direksi PT. Bumi Karsa Zumadi SM Anwar, direksi Kalla Group yang diwakili oleh Solihin Jusuf Kalla beserta direktur utama Kalla Group Fatimah Kalla.

Kedepannya, PT. Bumi Karsa bertekad untuk menjadi pengembang energi listrik dan berkomitmen untuk menghadirkan energi listrik ramah lingkungan, murah, bermutu dan memberikan jaminan kepuasan kepada pelanggan. Untuk itu, PT. Bumi Karsa berencana akan membangun PLTM serupa berbagai daerah lainnya. Diantaranya di Kecamatan Lasusua Kabupaten Kolaka Utara. “ Di daerah tersebut akan dibangun PLTM Batu Ganda 1 dengan kapasitas daya 3.5 MW dan PLTM Ganda 2 dengan kapasitas daya 3.0 MW. [mk]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 5 =