Bambang; Pasang Cincing Tidak Menyelesaikan Masalah Penyakit Jantung

0
366

MediaKALLA.com – dr. Bambang Budiono, Sp.JP menegaskan bahwa pemasangan cincing pada penderita penyakit jantung koroner tidak menyelesaikan masalah. Diperlukan monitoring dan cek up yang rutin. Hal tersebut diutarakannya pada seminar Kesehatan Jantung di Wisma Kalla, Rabu, 15 Oktober 2014.

Dirinya menuturkan bahwa mindset masyarakat kita saat ini adalah jika telah memasang cincing maka penyakit jantung sudah sembuh. Hal itu diperparah dengan kebiasaan masyarakat kita adalah baru melakukan cek up jika ada masalah, misalnya sesak nafas dan pembengkakan akibat diabetes. ” Mereka baru kelimpungan jika tiba-tiba sesak nafas ataukah ada pembengkakan, padahal dari awal kita sudah sampaikan agar rutin melakukan cek up ” katanya.

Dokter ahli jantung dari Rumah Sakit Awal Bross Makassar ini menganjurkan agar masyarakat sedini mungkin menlakukan general cek up, agar bisa dideteksi penyakit yang diderita. ” Deteksi penyakit dapat menentukan strategi pencegahan, ” ujarnya.

Khusus jantung koroner, Bambang menyarankan melakukan katerisasi. Ini merupakan pemeriksaan yang bertujuan untuk memeriksa struktur serta fungsi jantung, termasuk ruang jantung, katup jantung, otot jantung, sserta pembuluh darah jantung termasuk pembuluh darah koroner, terutama untuk mendeteksi adanya pembuluh darah jantung yang tersumbat. ” Namun katerisasi sebaiknya tidak dilakukan karena hanya didasari faktor ingin tahu, harus berdasarkan indikasi medis, ” tegasnya.

Seminar Kesehatan Jantung ini diselenggarakan dalam rangka HUT ke-62 Kalla Group dan diikuti oleh ratusan karyawan. [Azhar]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × 4 =