Balita Kodingareng Banyak Menderita Gizi Buruk

0
386

MediaKALLA.com – Fakta mengejutkan ditemukan saat Yayasan Kalla menggelar bakti sosial di Pulau Kodingareng, Sabtu-Ahad, 15-16 November 2014. Fakta tersebut yakni hampir semua balita di pulau berpenduduk 4.000 jiwa tersebut menderita gizi buruk.

Dr. Anastanio D. Anugrah dari Hasanuddin Medical Squad mengungkapkan bahwa fakta ini ditemukan saat pemeriksaan kesehatan. Rata-rata berat dan tinggi badan balita dan anak-anak disana tidak sesuai dengan usianya. ” Hal lain terlihat dari kondisi fisik mereka seperti perut yang membuncit, ” katanya.

Dirinya juga menuturkan bahwa penyebab kondisi ini adalah kebiasaan buruk anak-anak tersebut, seperti tidak menggunakan alas kaki, buang hajat di sembarang tempat dan kebiasaan mengkonsumsi apa saja yang dia temukan. ” Kondisi ini diperparah dengan pengawasan dan perhatian dari orang tua yang kurang, ” bebernya.

Indikasi tersebut juga dikuatkan oleh pengakuan Rosdiana, salah seorang perawat di Puskesmas Kodingareng. Menurutnya, rata-rata tiap hari keluhan pasien anak-anak adalah diare dan hepatitits. ” Kami sudah sering memberi penyuluhan akan bagaimana hidup sehat, namun nampaknya belum berpengaruh signifikan, ” keluhnya.

Pemeriksaan kesehatan gratis ini mendapat respon positif dari warga, tercatat 246 orang yang mengikuti kegiatan ini. Peserta didominasi ibu-ibu dan anak-anak. [Azhar]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fourteen − 2 =