Awaluddin Mustafa Branch Manager Toyota cabang urip sumiharjo kota Makassar

0
637

Berawal dari menjadi salesment trainer Toyota, ia memulai karirnya pada November 1994. Setelah menjalani pendidikan Basic Selling Training tentang pengenalan dasar menjai wiraniaga di Manado pada tahun 1995 dan 1996 di Jakarta, akhirnya ia resmi menjadi karyawan tetap pada tahun 1997. Pada tahun 2002 ia diangkat menjadi kepala sub cabang Mamuju yang kemudian menjadi cabang paa tahun 2005.

Suka duka yang ia rasakan selama menjadi menjadi salah satu anggota keluarga PT Hadji Kalla memberikan goresan penuh arti dalam kehidupan pria yang sekarang menjabat sebagai Branch Manager Toyota Cabang Urip Sumiharjo.

Selama berkarir di Cabang Mamuju, ia betul-betul harus merintis dari awal. Seakan menggarap hutan, lahan gundul,  “Layaknya kondisi geografis, kita sedang membangun daerah yang tidak potensial menjadi daerah yang potensial” ujarnya. Adanya pemekaran daerah tahun 2003 menjadikan penggarapan potensial wilayah mulai tumbuh. Akhirnya perekonomian bangkit dan saat itulah era kebangkitan otomotif di Sulbar. Inilah yang membuat dia semakin bersemangat untuk tetap menjalankan apa yang ia kerjakan.

“ Tidak semua yang saya jalani selama berkarir di Mamuju memberikan kenangan indah, ada juga duka yang saya rasakan. Bagaimana ketika saya harus keluar masuk hutan, bahakan ada daerah bernama Sempo, di mana ketika masuk daerah sana, kita sudah tidak tahu jalan keluarnya. Bahkan kadang-kadang saya harus menginap di rumah penduduk, bahkan di pinggiran kebun kelapa sawit. Apalagi kita juga tidak boleh makan di sembarang tempat”. kenang pria yang pernah menjadi ketua AMPI Sulawesi Barat ini.

Bekerja pada cabang yang baru didirikan, memberikan tantangan yang besar bagi Awaluddin. Team yang awalnya hanya berjumlah lima orang pada Desember 2002, bisa mencapai angka lebih dari 40 pada tahun 2010. Merintis hampir sembilan tahun menunjukkan hasil yang memuaskan. Sub cabang itu pun akhirnya menjadi kantor yang representatif.

“Tantangan selanjutnya adalah bagaimana mengakrabkan diri dengan lingkungan masyarakat sekitar, tokoh agama serta dengan tokoh politik,” lanjutnya. Ia pun bergabung dalam berbagai oraganisasi kemasyarakatan, perhimpunan usaha, organisasi politik, dan saat ini masih menduduki jabatan sebagai Wakil Ketua Partai Golkar Sulawesi Barat, dan Wakil Ketua HIPMI Sulawesi Barat. “ Ini juga menjadi misi yang tujuannya mencapai visi dari Hadji Kala sendiri.”

Bekerja di bawah naungan Kalla Group membuat dia memberi target atas apa yang harus dicapainya yaitu penguasaan pasar 42% untuk wilayah Makassar. Apalagi setelah terjadi kendala ditribusi kendaraan akibat dari suplay bahan material dari Jepang yang pada saat itu dilanda tsunami. Sehingga dampak marketing pun terasa di daerah Makassar.

“Saat saya menjadi sales, orang-orang hanya mengenal Toyota Kijang, namun sekarang dengan banyaknya kompetitor yang menawarkan varian baru dengan ketersediaan barang dan berbagai fasilitas, sehingga menggerakkan roda perekonomian dalam dunia otomotif, namun perlu disadari bahwa dengan menggeliatnya ekonomi khususnya di bidang otomotif, ini menjadi tantangan bagaimana niat berinovasi untuk memberikan pelayanan yang prima sehingga kecenderungan masyarakat tetap memilih kendaraan di Toyota jauh lebih baik, dan lebih dekat” ujarnya seraya tersenyum

 

Nama: H. Awaluddin Mustafa

Jabatan: Branch manager Toyota cabang urip sumiharjo.

Tanggal lahir: 24 februari 1971

Nama istri:Maharani Awaluddin

Anak:

1. Iqbal Fauzi

2. Salwa Nabila

3. Zulfa Inayah

4. Sultan Aslam

 

“Media Kalla Editor”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five + fourteen =