Anda Pekerja yang Super Sibuk? Ini Cara Praktis Kelola Waktu

0
726

MediaKALLA.co.id – Apakah Anda seorang pekerja keras? Pekerja keras biasanya super sibuk. Mereka menggunakan waktu untuk bekerja, mencari nafka untuk diri sendiri maupun untuk keluarganya. Karena sibuk, biasanya Anda akan merasa sepertinya 24 jam sehari tidak cukup untuk menyelesaikan semua pekerjaan Anda. Sebenarnya cukup, namun mungkin Anda yang tidak mampu mengelola waktu, sehingga Anda merasa seperti itu. Anda harus pandai-pandai memanfaatkan setiap detiknya untuk menjadi berharga agar bisa sukses. Berikut beberapa cara praktis mengelola waktu agar cukup dan hasilnya memuaskan;

1.  Buat rencana prioritas

Sebelum beristirahat di malam hari, sebisa mungkin Anda menyisahkan waktu Anda untuk membuat rencana kerja yang Anda akan lakukan esok hari. Mulailah membayangkan dan buat daftar setiap pekerjaan yang Anda harus kerjakan besok. Setelah itu, Anda mulai memilah-milah mana pekerjaan yang penting dan mendesak yang harus Anda selesaikan.

Sebisa mungkin pekerjaan tersebut diatur skala proritasnya. Ini penting, agar Anda fokus menyelesaikan pekerjaan. Anda bisa mengatur secara efisien waktu yang Anda gunakan untuk mengerjakannya. Ini akan membuat Anda juga lebih produktif. Dalam daftar, Anda sebisa mungkin menentukan kapan dan berapa banyak waktu yang anda butuhkan untuk menyelesaikannya. Tidak boleh meremehkan pentingnya perencanaan tugas-tugas Anda. Sebuah rencana yang baik dan akurat dapat memberikan anda kontrol yang besar dari waktu anda. Anda harus menyadari apa yang terpenting bagi anda dan menempatkannya pada urutan atas di daftar anda.

Tips membuat rencana prioritas yakni rencanakan tugas yang paling sulit di awal setiap minggu sehingga Anda akan lebih santai menjelang akhir minggu dan sebelum akhir pekan. Tugas yang sulit lebih baik dijadwalkan di awal minggu (Senin atau Selasa), sementara tugas-tugas yang lebih mekanis atau rutin di sekitar pertengahan minggu, dan mendekati akhir minggu (Kamis dan Jumat) waktu anda bisa sedikit lebih bebas dan santai karena di kedua hari ini telah menumpuk kelelahan dan stres sebagai akibat dari pekerjaan di hari-hari sebelumnya.

2. Bekerjalah dengan cerdas

Hindari gaya bekerja yang monoton. Carilah perspektif baru dalam menyelesaikan suatu tugas. Kelola waktu dengan baik dan manfaatkan handphone atau notebook Anda untuk mencatat waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Cobalah untuk menerapkan prinsip Pareto di mana 80 % dari prestasi anda dihasilkan dengan melakukan 20 % usaha anda. Dengan kata lain, cobalah untuk bekerja cerdas dan sederhana.

Selain itu, sebisa mungkin Anda merasa nyaman dan senang melakukan pekerjaan tersebut. Sekali-kali, tantang diri Anda dengan permainan waktu. Misalnya, jika Anda mampu menyelesaikan pekerjaan tersebut lebih cepat dari waktu yang Anda rencanakan, Anda akan memberi penghargaan pada diri Anda sendiri. Penghargaan tersebut dapat berbentuk apa saja yang Anda inginkan, seperti, makan makanan favorit atau menonton film yang Anda sukai. Ini bagian dari kerja cerdas, karena selain menantang diri, Anda akan lebih termotivasi.

3. Bekerjalah bersama Tim

Salah satu cara efisiensi waktu dalam bekerja adalah dengan pelibatan rekan kerja lainnya. Biasakan bekerja secara kelompok agar tugas-tugas bisa dibagi sesuai kemampuan dan latar belakang pendidikan pekerja. Pembagian tugas ini selain efisiensi waktu, ilmu dan kekerabatan akan bertambah, karena masing-masing akan mengeluarkan ide atau gagasanya. Dengan begitu juga kita bisa mempererat silaturahmi dengan rekan kerja.

4. Jangan menunda pekerjaan

Salah satu momok bagi pekerja adalah rasa malas yang muncul, sehingga mencoba menunda-nunda pekerjaan. Anda harus melawan rasa malas tersebut. Tanamkan dalam pikiran Anda untuk sebisa mungkin menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang singkat namun hasil yang memuaskan.

Tetapi, perlu Anda pahami tidak menunda-nunda pekerjaan bukan berarti tidak istirahat bekerja. Gunakan waktu istirahat siang dengan maksimal untuk makan siang, shalat, atau tidur sejenak. Ini penting agar otak Anda tidak lelah, sehingga bisa kembali fresh untuk bekerja.Tak melulu harus menunggu jam istirahat siang. Ketika Anda sudah merasa sedikit lelah, cobalah untuk rileks dan menggerakkan badan, agar tulang tidak kaku dan mata lelah.

5. Sisipkan waktu untuk kegiatan tak terduga

Biasakan dalam membuat rencana kerja, masukkan waktu ekstra untuk tugas-tugas dan kegiatan tak terduga. Revisi rencana Anda secara teratur dan alokasikan waktu untuk kegiatan tak terduga. Hal-hal yang beresiko akan memakan waktu Anda, misalnya ada masalah denga peralatan kerja, ada tugas dadakan dari atasan. Terpenting adalah Anda miliki solusi alternatif yang untuk mengatasinya.

Manajemen waktu yang baik merupakan suatu keterampilan yang memerlukan waktu untuk menguasainya sehingga mulailah bekerja dengannya! Pada akhirnya, manajemen waktu akan memberi Anda waktu tambahan yang dibutuhkan untuk dapat menikmati apa yang paling penting bagi Anda dan mengubah hidup Anda menjadi lebih baik. [Azhar/pelbagai sumber]

Follow Us
==============
Facebook; Media KALLA
Twitter; @MediaKALLA
Youtube; Media Kalla Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 + 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.