AGAR KITA SEMAKIN SABAR

0
777

MediaKALLA.co.id – Kita semua telah memahami dan meyakini bahwa kehidupan ini memerlukan kesabaran. Karena kehidupan ini adalah perjuangan. Tak ada perjuangan  tanpa pengorbanan. Tak ada pengorbanan tanpa kesabaran.

Hidup sebagai musliam/muslimah, membutuhkan kesa baran yang lebih besar, karena perjuangan kita lebih besa, pengorbanan kita mesti lebih besar. Karena pengamalan setiap ajaran Allah dan Rasul SAW, memerlukan pengorbanan. Semakin tinggi iman kita, semakin besar pula kebutuhan kita kepada sifat sabar.

Pengertian Sabar.

Sabar itu berarti menahan jiwa dari perilaku yang tidak baik. Sabar adalah kemenagan terhadap hawa nafsu. Sabar adalah keberhasilan pakasa diri untuk kebaikan.

Para ulama membagi sifat sabar menjadi tiga bentuk :

  1. Ash-Shabru ‘Alath-Tha’at. Sabar dalam ketaatan.
  2. Ash-Shabru ‘Anil Ma’ashi. Sabar dalam menjauhi dosa.
  3. Ash-Shabru ‘Alal Masha-ib. Sabar dalam menerima musibah.

Sabar dalam ketaatan, yaitu kekuatan paksa diri dalam meningkatkan ibadah dan amal shaleh, secara berkesinambungan.

Sabar dalam menjauhi dosa adalah kekuatan jiwa dalam melanggengkan taubat; dan penguasaan diri untuk tidak melakukan dosa, secara terus menerus.

Sabar dalam menerima musibah adalah kepemimpinan jiwa yang efektif terhadap semua anggota tubuh untuk tenang dan ridha dengan ketentuan Allah, sambil mengoptimalkan usaha untuk keluar dari kesulitan. QS: ALI IMRAN:200.

Urgensi semakin sabar.

Jika kita semakin mendalami ilmu sabar, niscaya kita semakin menyadari bahwa kita tidak hanya memerlukan sifat sabar, tapi kita dituntut untuk semakin sabar. Kita harus lebih sabar dan lebih sabar lagi, setiap hari.karena paling tidak, ada dua hal yang mengharuskan kita untuk selalu meningkatkan kesabaran, yaitu :

  1. Kewajiban peningkatan iman kita setiap hari.

Kita diwajibkan meningkatkan iman kita setiap hari. QS: ALI IMRAN:102.

Sebagai contoh: Memenuhi panggilan adzan untuk kita ke masjid lima kali sehari semalam, itu memerlukan peningkatan iman lima kali sehari semalam.

Kebutuhan kita yang paling mendasar untuk peningkatan iman ini ialah peningkatan sifat sabar. Kalau kita mau iman kita meningkat, maka kita harus semakin sabar. Karena tak ada iman tanpa sabar.

  1. Meningkatkan tantangan iman.

Kita semua menyadari bahwa setiap hari kita berhadapan dengan tantangan iman, hambatan iman, godaan-godaan untuk melemahkan iman.

Tantangan, hambatan  dan godaaan ini selalu meningkat hamper setiap hari. Buktinya: dosa semakin merajalela, masjid semakin sepi, peserta pengajian semakin sedikit, perceraian semakin banyak, tindak kekerasan semakin sering terjadi, dst.

Karena tantangan iman semakin meningkat, maka kesabaran kita juga harus semakin meningkat. Karena kekuatan kesabaran kita satu tahunyang lalu, tidak cukup kuat lagi untuk menghadapi tantangan iman kita hari ini.

Kesabaran kita harus meningkat karena kita semakin dewasa, semakin tua, semakin banyak problem, semakin banyak kesulitan. Ibarat pohon, semmakin tinggi semakin banyak angina yang menerpanya. Karena itu, akar pohon itu harus semakin  kuat, akar pohon iman kita adalah sifat sabar. QS: ALI IMRAN:142.

Kiat-kiat Untuk Semakin Sabar.

Perjuangan kita untuk semakin sabar, memerlukan banyak kiat dan saran, antara lain:

  1. Memperbanyak renunan motivasi untuk meningkatkan sifat sabar.
  2. Memperbanyak penghayatan rasa syukur kepada Allah dan kepada sesame manusia.
  3. Menjalin hubungan yang lebih akrab dengan orang-orang yang lebih sabar.
  4. Menghayati kebahagiaan Imani dan kemuliaan Imani dari setiap sikap sabar yang kita lakukan dengan ikhlas.
  5. Memperbanyak do’a kepada Allah, memohon tambahan kesabaran,tambahan kesyukuran tambahan hidayah. QS: AN-NAHL:127

Renungan Motivatif

Mari kita merenungkan betapa pentingnya kita terus berjuang untuk semakin sabar tanpa batas.

Dalam peningkatan ibadah, kita memerlukan peningkatan kesabaran untuk dapat mengoptimalkan kebiasaan shalat tahajjud, shalat sunnah, shaum(puasa) sunnah, tilawah Al-Quran, bahkan menghafal Al-Quran semaksimal kemampuan.

Dalam peningkatan akhlak, kita memerlukan peningkatan kesabaran untuk menguasai diri dikala marah, memaafkan saudara kita yang meminta maaf kepada kita, memperjuangkan hak-hak dan keadilan dengan cara-cara yang berakhlak, dst.

Penutup

Sabar adalah sifat yang paling kita butuhkan dalam kehidupan ini. Sabar adalah salah satu substansi iman. Sabar tak pernah lepas dari sifat syukur. Karena tak ada sabar tanpa syukur. Tak ada syukur tanpa sabar. Bukti syukur ialah sabar. Bukti sabar ialah syukur. Inilah yang penting untuk selalu kita pelajari, selalu kita renungkan, selalu kita perjuangkan.

Mari kita berdo’a kepada Allah, memohon kesabaran dan kesyukuran, untuk iman yang semakin kuat, untuk kusnul khatimah dan syurga firdaus. Aamiin. [Diolah dari Ceramah Muthahhir Arief, Lc, Senin, 11 April 2016 di Mushalah Wisma Kalla]

Follow Us
==============
Facebook; Media KALLA
Twitter; @MediaKALLA
Youtube; Media Kalla Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.