9 Sikap Profesional yang Penting Diterapkan di Kantor

0
361

MediaKALLA.co.id – Profesionalisme dapat membawa Anda meraih kesuksesan di tempat kerja. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa mendapatkan respect dari atasan dan rekan kerja lainnya. Sebaliknya, kurangnya sikap profesional justru dapat membahayakan karir Anda. Dikutip dari situs Mag for Women, berikut ini
sembilan sikap profesional yang penting diterapkan di kantor.

1. Tepat Waktu
Ketepatan waktu adalah elemen penting dari profesionalisme. Jadi, pastikan Anda bukan orang terakhir yang datang ke kantor dan menghabiskan waktu
sekitar satu jam untuk menjelaskan kepada bos mengapa Anda datang terlambat. Menjadi orang yang tepat waktu tak akan merugikan Anda.

2. Kompeten
Menjadi karyawan yang kompeten di tempat kerja tidak hanya akan membantu Anda dalam penilaian kinerja selanjutnya. Tetapi hal ini juga untuk menyampaikan citra Anda yang baik kepada atasan dan rekan kerja lainnya. Sikap profesional seperti ini patut Anda terapkan.

3. Menghargai Deadline
Ketika Anda diberikan tugas oleh atasan dengan batasan waktu tertentu, sebaiknya kerjakanlah dengan baik. Usahakan Anda bisa menyelesaikannya
sebelum deadline yang telah ditentukan. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda merupakan karyawan yang rajin dan menghargai tenggat waktu yang diberikan.

4. Mengembangkan Integritas
Kejujuran dan integritas merupakan keunggulan dari seorang profesional. Bagaimana bisa Anda mengharapkan atasan untuk mempercayai Anda dengan sesuatu yang penting, jika Anda tidak memiliki integritas?

5. Bersikap Sopan
Ini adalah hal yang sangat penting jika Anda ingin tetap profesional di tempat kerja. Ketika berbicara di telepon dengan rekan kerja atau bos, pastikan bahwa suara Anda tidak terlalu keras dan tidak terlalu kecil.

6. Menghormati Rekan Kerja
Jangan berharap dihormati di kantor, jika Anda tidak menghormati rekan kerja lainnya. Jika memang jabatan Anda lebih tinggi ketimbang rekan di
kantor, maka jangan sampai Anda memandang rendah mereka. Hormatilah rekan kerja, dengan begitu mereka akan melakukan hal yang sama kepada Anda.

7. Jangan Bergosip
Kantor merupakan tempat di mana Anda harus bekerja bukan bergosip. Jadi jangan sampai Anda malah bergosip di kantor dengan rekan kerja lainnya.
Manfaatkanlah waktu Anda dengan baik di tempat kerja. Janganlah disia-siakan dengan hal yang tak penting.

8. Jangan Membawa Pekerjaan Pribadi ke Kantor
Jika memang Anda memiliki tugas di luar pekerjaan kantor, sebaiknya jangan di bawa-bawa ke tempat kerja. Jika membawanya, itu hanya akan membuat Anda terkesan tidak profesional.

9. Perhatikan Penampilan
Anda tidak perlu terlihat seperti supermodel di kantor. Tapi setidaknya, Anda berpakaian rapi dan sopan. Jadi sebaiknya perhatikan kembali penampilan Anda. Jangan sampai Anda memakai rok mini atau baju yang transparan dan super ketat saat ke kantor.

Sumber : http://wolipop.detik.com/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 + 10 =