8 Hal Menarik ini Hanya Ada di Bulan Agustus

0
291

MediaKALLA.co.id – Bulan Agustus menjadi bulan paling bersejarah bagi Indonesia. Yah, 17 Agustus 1945, menjadi puncak pernyataan kemerdekaan yang menunjukkan Indonesia terbebas dari belenggu penjajah. Momentum 72 tahun silam itu senantiasa dirayakan dengan berbagai kegiatan menarik di tanah air. Berikut 8 hal menarik yang terjadi di bulan Agustus

1. Ada 21 Negara yang merdeka di Bulan Agustus

Selain Indonesia, sedikitnya ada 20 negara lain di dunia ini yang tarcatat hari kemerdekaannya jatuh pada pada bulan Agustus. Negara-negara tersebut adalah; Nigeria, 3 Agustus 1960; Burkina Faso, 5 Agustus 1960; Bolivia, 6 Agustus 1825; Jamaika, 6 Agustus 1962; Pantai Gading, 7 Agustus 1960; Singapura, 9 Agustus 1965; Ekuador, 10 Agustus 1809; Chad, 11 Agustus 1960; Republik Afrika Tengah, 13 Agustus 1960; Pakistan, 14 Agustus 1947; Korea Selatan, 15 Agustus 1945; India, 15 Agustus 1947; Republik Kongo, 15 Agustus 1960; Bahrain, 15 Agustus 1971; Gabon, 17 Agustus 1960; Afghanistan, 19 Agustus 1919; Estonia, 20 Agustus 1991; Moldova, 27 Agustus 1991; Malaysia, 31 Agustus 1957; Kyrgyzstan, 31 Agustus 1991;

2. Merah Putih Berkibar di mana-mana

Nuansa kemerdekaan mulai terasa sejak awal bulan. Mulai dari rumah warga hingga perkantoran, dari lorong sempit hingga tepi jalan raya banyak kita jumpai bendera ataupun umbul-umbul merah putih berkibar. Ini juga menjadi lahan ekonomi baru bagi sebagian orang yang memanfaatkan momen ini untuk berjualan bendera. Tak salah di beberapa ruas jalan kita jumpai banyak pedagang dadakan yang menjual bendera, umbul-umbul sampai pernak-pernik bernuansa kemerdekaan.

3. Warga Berbenah

Momentum kemerdekaan ini disambut cukup antusias oleh warga masyarakat. Tak jauh berbeda dengan momen hari raya Idul Fitri, banyak warga yang membenahi lingkungannya. Mulai dari kerja bakti membersihkan lingkungan, mengecat pagar dan pintu gerbang kompleks, dekorasi lingkungan dengan menambahkan ornamen-ornamen khas kemerdekaan. Biasanya yang paling sibuk-sibuk itu adalah kepala desa atau lurah, ketua RT/RW yang lalu lalang mengingatkan warganya yang belum memasang bendera dan pemuda-pemudi yang mendatangi rumah warga meminta sumbangan untuk kegiatan 17an.

4. Karnaval Pakaian Adat

Biasanya di kabupaten atau kota madya mengadakan gerak jalan atau karnaval. Uniknya, peserta karnaval menggunakan pakaian adat atau profesi. Ada pula yang menggunakan kostum-kostum unik. Masyarakat biasanya rela berpanas-panasan berdiri di pinggir jalan menanti rombongan karnaval melintas.

5. Upacara bendera diselenggarakan di banyak tempat

Perayaan hari kemerdekaan tak akan lengkap kalau belum ada upacara bendera. Dulu, upacara cuma dilaksanakan di sekolah, kantor, lapangan dan pastinya di Istana Negara. Namun, kini sudah banyak yang melakukannya di tempat-tempat tak terduga. Ada yang mengibarkan bendera di dasar laut, puncak gunung, tempat pembuangan sampah, rooftop, terminal, dalam pesawat, sawah dan lain sebagainya. Yang pastinya lagi, upacara pengibaran dan penurunan bendera di Istana Negara hampir pasti menjadi tontonan wajib, karena disiarakan oleh seluruh stasiun TV tanah air.

6. Ada banyak diskon.

Dalam rangka HUT RI, biasanya banyak toko atau pusat perbelanjaan yang memberikan diskon untuk menarik minat masyarakat. Besar diskon yang diberikan biasanya 17%, 8%, atau 45%, lumayan lah. Di Mal Ratu Indah misalnya, sejumlah tenant memberikan promo khusus menyambuk kemerdekaan RI ke-72. Kalla Toyota juga memberikan promo khusus berupa DP hanya Rp 17 jutaan untuk pembelian unit Agya.

7. Bulan kelahiran tertinggi.

Bulan Agustus menjadi bulan dengan angka kelahiran tertinggi di dunia. Ahli kependudukan National Center for Health Statistics di Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat, T.J. Mathews mengatakan, Bulan Agustus memiliki angka kelahiran tertinggi di dunia. Diperkirakan angkanya mencapai 9% semua kelahiran di dunia terjadi di bulan itu. Di Indonesia, bayi yang lahir di Bulan Agustus biasanya namanya tak jauh-jauh dari nuansa kemerdekaan. Biasanya diberi nama Agus, Dirgahayu ataupun Merdekawati.

8. Banyak mengadakan lomba

Ini nih kegiatan yang paling dinantikan di Bulan Agustus. Ada banyak lomba yang digelar, lombanya macam-macam dan pastinya seru abis. Manajemen Kalla Group pun memanfaatkan momen ini untuk merajut kebersamaan karyawan melalui sejumla lomba bernuansa 17 Agustusan. Bakal ada lomba lari kelereng, tarik tambang, balap karung, memasukkan paku dalam botol, makan kerupuk dan panco. Kegiatan ini akan dipusatkan di Public Plaza Mal Ratu Indah, Jumat, 18 Agustus 2017. [Azhar]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ten − 6 =