6 Cara Mempertahankan Karier Hingga Tua untuk Anda yang Tak Mau Pensiun

0
585

MediaKALLA.co.id – Tidak semua orang menganggap bekerja adalah hal yang melelahkan. Sebagian karyawan berencana untuk berkarier hingga tua. Jika bisa, para workaholic tidak pensiun selama masih produktif dan memiliki kemampuan. Apakah Anda adalah salah satunya? Bekerja seumur hidup memang bukan hal yang dilarang. Namun pastikan jika Anda menyediakan ‘bekal’ agar tidak kehabisan ‘makanan’ saat menyusuri perjalanan yang panjang. Apa saja bekal yang harus disiapkan? 

1. Perbarui Kemampuan dan Networking
Karena Anda akan berkarier dalam jangka waktu sangat lama, pastikan ilmu dan kemampuan terus diperbarui. Terlebih dengan perkembangan teknologi yang menuntut orang untuk cepat beradaptasi. Jika tidak, Anda bisa ‘tertindas’ oleh para pesaing baru atau lama naik jabatan. Hal tersebut bisa dilakukan dengan rutin membaca buku terkait bidang kerja, mengikuti seminar dan pelatihan, serta memperluas jaringan.

2. Aktif dalam Perusahaan
Jika Anda ingin lama bertahan di sebuah perusahaan sebaiknya kenali perusahaan itu dengan baik. Jika bisa berkenalanlah dengan sebanyak-banyaknya rekan sekantor. Siapa tahu Anda akan membutuhkan mereka jika suatu waktu butuh bantuan. Sebaiknya jangan malas ketika diminta untuk terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengumpulkan rekan dari segala divisi.

3. Tentukan Bidang
Jika Anda sudah mantap untuk tidak mengambil pensiun, mulai tetapkanlah bidang karier yang akan digeluti. Apakah Anda yakin masih akan terus bekerja di industri yang sekarang atau mulai tertarik dengan yang lain? Bila Anda telah melirik pekerjaan lain sebagai profesi di masa pensiun sebaiknya pelajari hal itu terlebih dahulu untuk persiapan. Misalnya jika Anda bercita-cita beralih jadi pedangang di masa tua, sediakanlah modal dari sekarang. Namun bila Anda tetap ingin menjadi pengajar sampai masa pensiun, pastikan jika Anda siap untuk selalu belajar.

4. Rencanakan dengan Penasihat Keuangan
Penasihat keungan tak hanya ditemui ketika ingin menyiapkan dana pensiun. Jika Anda tak ingin pensiun pun sebaiknya diskusikan kondisi finansial kepada ahlinya. Karena beberapa negara memiliki aturan tersendiri mengenai pendapatan pekerja senior. Misalnya, Selandia Baru yang memotong dana pensiun jika warganya yang berusia 65 masih aktif bekerja. 

5. Pastikan Uang Pensiun Tersedia
Meski akan bekerja selamanya, pastikan jika uang pensiun tetap tersedia. Karena manusia bisa berencana namun tak ada yang tahu takdir seseorang. Selain untuk berjaga-jaga, tabungan tersebut bisa dipakai untuk menyokong kehidupan sehingga Anda tak perlu bekerja terlalu keras. Terlebih bila kesehatan Anda nanti tidak memungkinkan.

6. Jaga Kesehatan
Salah satu hal yang perlu disiapkan dengan sangat matang tentunya adalah kesehatan. Bila Anda masih memiliki kemampuan berpikir yang baik namun kondisi tubuh memburuk tak akan banyak yang bisa dilakukan. Bukan hanya sebatas fisik, kesehatan psikis juga perlu diperhatikan. Untuk itu, rawatlah tubuh dan pikiran Anda dari sekarang supaya bisa terus berkarier tanpa lelah.

Sumber : http://www.detik.com/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.