59 Tahun Kalla Group: Warisan JK untuk Generasi Ketiga

0
461

Pada 18 Oktober 2011 yang lalu, PT. Hadji Kalla perintis dari Kalla Group genap berusia 59 tahun. Usia yang cukup mapan bagi sebuah perusahaan swasta yang dikelola oleh swadaya keluarga. Kemapanan yang diungkapkan Jusuf Kalla secara lucu dalam wawancaranya di sebuah stasiun televisi, “Kita sudah puluhan tahun berusaha, masa tidak kaya-kaya.”

Selama umur itu, Kalla Group memang telah berevolusi secara dinamis dari usaha kecil menjadi besar, dari usaha satu menjadi macam-macam, dari karyawan puluhan menjadi puluhan ribu, dan dari generasi pertama ke generasi kedua. Evolusi yang diumpamakan JK seperti perahu yang berjalan di atas ombak. Perumpamaan yang tergambar jelas pada logo Kalla Group yang terbaru dan desain Wisma Kalla, gedung perkantoran milik Kalla Group di jalan Dr. Ratulangi nomor 8 Makassar.

Apa yang diharapkan Kalla Group saat ini? “Tumbuh bersama dalam kebersamaan,” kata JK dalam pidatonya dihadapan para karyawan. Seperti sebuah pohon yang tumbuh rimbun, buah dan kesejukannya memberikan banyak manfaat kepada orang di sekitar.

Manfaat seperti apa? Anda bisa bayangkan 59 tahun yang lalu, tepatnya pada 18 Oktober 1952, Hadji Kalla dan istrinya Hajjah Athirah memulai usaha dengan berjualan sarung. Puluhan tahun kemudian, anak dan cucu mereka bagi-bagi sarung secara gratis.

Proyek pembangkit listrik dan monorel yang saat ini digarap, misalnya, adalah masa depan yang sedang diupayakan. Sebuah respon atas kebutuhan masyarakat yang semakin besar atas listrik dan transportasi cepat.

Kini, perlahan tapi pasti, JK mewariskan Kalla Group kepada anak-anaknya, generasi ketiga. Dengan sebuah harapan tentunya, Kalla Group bisa bertahan dan bermanfaat hingga ratusan tahun mendatang.

Acara puncak peringatan HUT PT. Hadji Kalla ini dilaksanakan di Bantimurung, Kabupaten Maros pada 22 Oktober 2011 yang lalu. Lihat beritanya disini.

 

Sumber: www.kabarkami.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 + 13 =