60 Tahun Kalla Group; 140 Siswa Athirah Bone Telah Mendapatkan Beasiswa penuh

0
692

 

MediaKALLA.Com – Dalam rangka 60 Tahun Kalla Group, SMP-SMA Islam Athirah Boarding School Bone, pada Senin, 17 September 2012 yang lalu, secara resmi telah diresmikan. Peresmian sekolah dengan konsep berasrama ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Kalla Group, Drs H. M Jusuf Kalla. Kegiatan ini dihadiri oleh Gubernur Sulsel, DR H Syahrul Yasin Limpo, SH, MSi, MH, Ketua Yayasan Sekolah Islam Athirah, Dra Hj Fatimah Kalla, Direktur Sekolah Islam Athirah, Drs Edi Sutarto, MPd, Bupati Bone, HAM Idris Galigo, unsur muspida Kab. Bone serta jajaran direksi dan manajemen Kalla Group.

Sekolah yang terletak di kelurahan Panyula, Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kab. Bone ini dibangun di atas lahan seluas 6.3 Ha, yang rencananya dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti; Ruang Kelas dan Bimbingan Konseling, Ruang Multimedia, Laboratorium Bahasa, Komputer, IPA (Fisika, Kimia, Biologi), Perpustakaan, Ruang kegiatan ekstrakurikuler (Studio Band, Studio Musik Tradisional, Seni Rupa, Seni Tari), Lapangan Sepak Bola, 3 in 1 (Futsal, Basket dan Bola Volli), kolam renang, area Outbound, Gedung asrama dilengkapi kamar mandi, tempat tidur, lemari pakaian, ruang Makan dan Masjid.

Sekolah ini sudah beroperasi sejak 2011 silam, jumlah siswa sampai saat ini ada 168 siswa dengan rincian 70 siswa diterima di tahun pelajaran 2011/2012 dan 98 siswa diterima di tahun ajaran 2012/2013. Untuk siswa SMP, saat ini berjumlah 80 siswa dan siswa SMA berjumlah 88 siswa. Yang menarik adalah 140 siswa dari 168 siswa atau sekitar 83.3% merupakan penerima beasiswa penuh dari Yayasan Kalla. Mereka merupakan siswa yang unggul dari segi akademik namun memiliki keterbatasan dalam hal ekonomi, dan berasal dari setiap kabupaten di wilayah propinsi Sulawesi Selatan.

Total dana yang dikeluarkan sebanyak Rp 200 juta tiap bulannya untuk biaya pendidikan di sekolah tersebut. Meliputi gaji guru, operasional pembelajaran dan biaya pondokan termasuk konsumsi untuk guru, karyawan dan siswa. Sementara untuk pembangunannya sendiri telah menelan dana sebesar Rp 13 M dari perkiraan Rp 30 M yang dibutuhkan untuk merampungkan sekolah ini. Dana tersebut dari Yayasan Kalla dengan menggunakan dana Sekolah Islam Athirah Makassar dan dana Lembaga Amil Zakat Athirah dan Corporate Social Responsibility (CSR) Kalla Group.

Direktur Sekolah Islam Athirah, Drs Edi Sutarto, MPd mengatakan bahwa Athirah adalah sekolah yang berlandaskan Islam. “Konsep belajar menggunakan aktif learning dimana siswa yang lebih aktif sedangkan guru hanya bertindak sebagai fasilitator,” katanya.
Ketua Yayasan Sekolah Islam Athirah, Dra Hj Fatimah Kalla dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pembangunan sekolah ini merupakan bentuk nyata dari cita-cita orangtuanya (Hadji Kalla dan Hajja Athirah) yang ingin melihat pendidikan di Sulsel dan di Indonesia maju dan melahirkan insan-insan cerdas pemimpin bangsa. ” Kami berharap dengan adanya sekolah ini akan mendidik anak-anak menjadi manusia yang berkarakter dan berjiwa pemimpin, ” ujarnya.

Sementara itu, HM Jusuf Kalla berpendapat bahwa kemajuan negara tidak lepas dari faktor pendidikan. Olehnya itu, jika ingin sejajar dengan negara-negara maju, maka pendidikan harus menjadi perhatian utama. ” Saya ingin dari sekolah ini lahir insan-insan yang percaya diri dan berani bersaing di level nasional, tidak boleh ada yang canggung bersaing dengan siswa dari Jawa, ” pesannya.

Gubernur Sulsel, yang juga memberikan sambutan pada prosesi peresmian sangat mengapresiasi bentuk nyata yang dilakukan oleh Kalla Group, yang langsung menyentuh kebutuhan pokok dan penting masyarakat. ” Mewakili pemerintah dan masyarakat Sulsel, saya berterima kasih atas dedikasi keluarga Kalla yang membangun sekolah ini, yang tentunya akan menjadi cerita nasional, jika di Sulsel ada sekolah bertaraf Internasional namun berkarakter lokal, ” bebernya.

Selain peresmian SMP-SMA Islam Athirah Boarding School Bone, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan peletakan batu pertama pembangunan mesjid dan asrama SMP-SMA Islam Athirah Boarding School Bone.[mk]

Galeri Foto. *Klik untuk memperbesar gambar

[nggallery id=80]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 + eight =