12 SGA Beradu Inovasi di Kalla Excellence Day

0
166

MediaKALLA.co.id – Sebanyak 12 Small Group Activities (SGA) beradu inovasi di gelaran Kalla Excellence Day (KED), Selasa, 12 Oktober 2017. Secara bergantian memaparkan inovasi yang telah mereka terapkan di perusahaan masing-masing dihadapan 3 dewan juri dan ratusan penonton yang memadati Saoraja Ballroom, Wisma Kalla.

Ketua Panitia KED, Michail Maulana mengatakan bahwa KED ini sebenarnya adalah Kalla Kaizen Contest yang kita rebranding. “Tahun ini kita angkat tema yang sesuai dengan nilai-nilai Kalla yakni Lebih Cepat Lebih Baik,” sebutnya.

Michail menjelaskan bahwa tahun ini tercatat lebih dari 200 SGA yang terbentuk dan melakukan improvement. “Tahun lalu, hanya 105 SGA, ini artinya semakin banyak karyawan yang terlibat dalam project-project improvement,” ujarnya.

Adapun 12 tim yang lolos hingga babak semifinal adalah; Honmei Team dan Four S (PT Kalla Kakao Industri), Operation, SGP Mortar, P-Man, SGA The Wis (Kalla Automotive), SGA Barito Team (PT Bumi Sarana Utama), SGA Kalla Block (PT Bumi Sarana Beton), SGA A Plus (PT Kalla Electrical System), SGA To Be Discussed (PT Bumi Lintas Tama), SGA oSie & SISterS dan SGA 27-Basement 35 (PT Kalla Inti Karsa).

Sementara itu, President Director Kalla Group, Fatimah Kalla menuturkan bahwa improvement merupakan salah satu pondasi yang tergambar dalam Rumah Kalla yang diharapkan dapat mendukung dalam menciptakan proses bisnis terbaik
. “Prinsip-prinsip pada Kaizen sejalan dengan Nilai-nilai Kalla, Kaizen mengarahkan untuk bekerja secara tim (sejalan dengan Aktif Bersama), improvement dapat menciptakan proses yang lebih sederhana agar waktu yang digunakan lebih pendek (Lebih Cepat Lebih Baik), berorientasi pada Harapan Pelanggan (Apresiasi Pelanggan) dan tentunya merupakan bagian dari Kerja Ibadah karena hal hal yang dilakukan adalah diluar dari pekerjaan rutin dan berupaya untuk menciptakan added value,” jelasnya.

Fatimah juga memuji improvement project yang dibuat oleh para karyawan, karena telah mengarah ke inovasi walaupun hanya memanfaatkan peralatan yang sederhana atau memanfaatkan barang-barang bekas. “Ini harus kita terus terapkan, saya mau semua karyawan Kalla Group bisa ikut terlibat dalam project-project improvement tahun depan,” tegasnya.

Pada tahun 2016 dan 2017, Kalla Group meraih Penghargaan kategori Gold (2016) dan silver (2017) Excellence Conference (Opexcon) yang merupakan kompetisi improvement level nasional yang pesertanya merupakan perusahaan besar level nasional maupun multinasional. [Azhar]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × 1 =